4.13.2017

Musim Gugur di Korea Selatan Sebaiknya Pakai Apa?

Ada yang punya rencana musim gugur di Korea Selatan? Bingung mau pake apa? Nah saya mau share berdasarkan pengalaman kemarin waktu bulan November 2016 ke Korea Selatan, tepatnya ke daerah Busan dan Seoul. Biar gak kaget sedingin apakah Korea Selatan di saat musim gugur aka autumn. Maklum sebagai makhluk tropis, apalagi di Bali yang dekat pantai yang super hot, saya tidur pake AC aja hidung sudah mampet, perlu tambah pake kaos kaki dan selimut. Hehe


Musim gugur di Korea Selatan dimulai dari bulan September hingga November. September adalah peralihan dari musim panas, sehingga konon katanya cuaca masih cukup hangat. Sedangkan Oktober sudah mulai sejuk ke dingin, terutama akhir Oktober, suhu minus derajat Celcius sudah mulai terasa. Di November semakin mendekati winter, dan dibilang orang-orang sebagai peak season-nya autumn, suhu sudah semakin freezing. Pakaian sebaiknya berlapis-lapis biar tetap hangat dan nyaman.


Kemarin saya ke daerah Busan dan Seoul. Perlu diketahui bahwa suhu di Seoul lebih dingin dari Busan. Awal mendarat di Busan masih 14-17 derajat Celcius, itu masih enak sejuk segar kayak di pegunungan. Jalan-jalan juga gak keringetan, kecuali menjelang sore suhu menurun hingga 8 derajat Celciusangin berhembus cukup kuat, dan menusuk dinginnya. Wind breaker jacket yang ringan akan menjadi teman baik untuk traveling. Tapi saya masih bisa bilang suhu di Busan saat itu enak banget buat jalan-jalan.

Begitu sampai Seoul di malam hari saya langsung disambut hujan, dan suhu menurun sampai ke 5-8 derajat Celcius tapi saya lupa tepatnya. Yang saya ingat adalah besok paginya saat bangun tidur saya langsung cek AccuWeather, dan jeng jeng suhu sudah di -4 derajat celcius. Subhanallah saya gak berani bangun, mandi, bahkan keluar selimut pun takut. Hahaha.

Tapi tenang, dari pengalaman kemaren saya akan share beberapa perlengkapan yang bisa disiapkan untuk jalan-jalan saat peak Autumn di Korea Selatan. Jangan takut, karena musim gugur di Korea itu super cantik, sayang bila dilewatkan hanya gara-gara suhu dingin, terutama untuk makhluk tropis seperti saya.

1. Longjohn

Ups Longjohn-nya keliatan

Buat saya ini wajib pake banget. Pilih yang berbahan baik, hangat dan nyaman dikenakan, karena akan digunakan sebagai dalaman, klo bahan/jaitannya gak nyaman bakal gak asik seharian deh. Atau beli di Korea langsung lebih murah dan hangat loh. Setelah pakai Longjohn bisa langsung tumpuk dengan pakaian biasa. Longjohn ini cukup bawa 1-2 aja koq, karena gak berkeringat, jadi gak apek dan bau, disesuaikan saja dengan lama travelnya.

2. Windbreaker Jacket/Coat

berlapis-lapis itu kuntji! Saya minimal baju lapis 4

Alias jaket anti masuk angin ahaha. Bisa yang kembung kayak balon itu 👅, atau yang simple dengan bahan yang tidak menyerap angin. Klo saya yang penting ringan dan hangat, karena saya tipe yang mobile banget klo traveling. Alias banyakan jalan, hemat mak hemat hehe

3. Sarung Tangan Kulit
Sarung tangan juga wajib hukumnya, karena telapak tangan dan kaki adalah area yang paling cepat melepaskan kalor *eaa berasa guru biologi*. Kemaren saya pakenya sarung tangan berbahan wool yang cukup tebal dan halus, masih lumayan hangat kalo dipake di Busan, tapi di Seoul terutama pas ke Nami Island dan Namsan Tower, duh gak mempan. Telapak tangan tetep terasa bekuu. So konon kabarnya sarung tangan kulit lebih tidak menyerap dingin, jadi saya sarankan beli yang kulit sekalian deh.

4. Cardigan/Sweater Rajutan

Sweater lapis parka coat ala Utin

Selain longjohn dan windbreaker jacket/coat, saya sarankan juga bawalah koleksi pakaian rajutan yang selama ini numpuk di lemari. Lumayan dari pada gak kepake di Indonesia, disana bebas pake berlapis-lapis tanpa takut kegerahan. Biasanya saya numpuk pakaian mulai dari Longjohn, pakaian biasa, cardigan/sweater rajutan, jaket/coat. 4 lapis, hahaha dan berhasil bikin badan hangat.


5. Bawahan Berlapis
Dari tadi ngomongin atasan mulu. Nah mari bahas bawahannya. Selain pakai Longjohn, saya selalu lapis lagi dengan legging tebal. Kalau mau pakai rok bisa juga, tapi dalemnya saya tetap lapis longjohn dan legging tebal. Kalau mau pakai denim sebenarnya tidak disarankan, karena katanya bahan denim itu menyerap dingin. Tapi buat pecinta celana Jeans seperti saya, yang lemari punyanya celana Jeans doang, juga bisa koq ngejeans saat Autumn. Saran saya pilih bahan denim yang stretch jadi nyaman untuk jalan, dan usahakan yang agak longgar atau ukurannya 1 nomor diatasnya, karena harus lapis longjohn lagi. Seperti denim dari Zalora berikut ini, banyak banget pilihannya 💖

Banyak diskonnya 💗
credit pict : Zalora

Jogger, my fave
credit pict : Zalora

Yang ini lucu banget pake batik
credit pict : Zalora


6. Kaos Kaki Hangat
Bisa kaos kaki thermal, atau wool yang hangat. Karena dinginnya menusuk hingga ke jadi kaki. Kalau saya kemaren karena gak beli kaos kaki yang hangat, jadi lapis 2 kaos kaki tebal. Untung sepatu saya agak longgar. Itupun masih kedinginan

7. Sepatu/Boot

Our comfy but less warm sneaker

Pilih sepatu/boot yang nyaman. Kalau bisa yang waterproof dan tertutup, karena musim gugur lumayan sering hujan. Kemaren saya memilih membawa running shoes, dan ternyata gak mempan menahan dingin di malam hari. Hahaha. Tapi lumayan koq, saya bisa tetap jalan-jalan selama seminggu dengan nyaman.

8. Shawl dan Penutup Kepala

Shawl dan longhair ala Yesika, untuk menghangatkan kuping dan leher

Hijab + shawl ala Arin, double warmth

Ada lagi daerah yang mudah terasa dingin, yaitu telinga dan hidung. Shawl ini berfungsi untuk menghangatkan leher dan menutup hidung. Siap-siap mimisan loh yaa. Saya juga sampe pecah pembuluh darah di dalam hidung karena menghirup hawa dinginnya. Untuk telinga dan kepala, karena saya menggunakan hijab sudah sangat cukup menghangatkan. Tapi buat yang tidak, kupluk or long hair juga bisa.

Saya rasa cukup tips yang bisa saya bagikan. Ini dari segi kehangatan dan kenyamanan ya. Beda tipis lah ama perlengkapan buat winter. Saya pun masih belum berani jalan-jalan saat winter, padahal tiket pesawat dan penginapan katanya murah loh. 

Semoga bermanfaat dan bisa jadi bayangan buat yang mau merasakan cantiknya Musim Gugur di Korea Selatan. Jaga kesehatan, karena dinginnya bisa bikin flu, batuk, demam mendadak. Have a fun in Autumn 🍁🍁🍀🍀

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...