9.16.2013

Traveling : Preparation Berkeliling Bangkok Dan Phuket Ala Backpacker

Yuhuuu I'm back, setelah menghilang di bulan Agustus akhirnya saya kembali menulis juga di blog ini. Bulan Agustus kemaren saya menghilang karena traveling, bener-bener berkeliling karena dalam 1 bulan itu saya pergi ke 4 Provinsi di Indonesia dan ada di 2 Negara. Uyeaaah gaya ya, padahal deket-deket semua koq hihihi. Ke 4 Provinsi karena Agustus lebaran, dan saya mudik. Dari Bali mudik ke Jawa Tengah, trus sehari main ke Jogja, selesai mudik ke Jakarta deh. Naah 4 Provinsi kan, hahaha.

Naah 2 negaranya? Indonesia dan Thailand doong.

Thailand, salah satu negeri di Asia Tenggara yang memiliki kebudayaan yang unik dan cantik, serta menjadi tujuan wisata bagi pelancong di seluruh dunia. Bayangkan orang-orang bule yang jarak tempuh pesawat ke Thailand bisa 24 jam lebih aja main ke Thailand, masak saya yang orang Indonesia yang masih tetanggaan ama Thailand gak main ke sana, bebas visa pula. Makanya saya dan teman-teman memasukkan Thailand menjadi destinasi kita selanjutnya setelah Singapore.

1. Tiket Pesawat
Persiapan pertama kalo mau ke Thailand tentu tiket pesawat ya, dari setahun yang lalu *iya saya gak salah ketik koq* Agustus 2012 kita berburu tiket promo Air Asia dari Jakarta ke Bangkok dan Phuket. Jadwal penerbangan agak salah strategi sebenernya karena malam pas berburu promo seperti biasa website Air Asia jadi kepenuhan yang akses, so akhirnya tiket murah yang terlihat duluan itu yang langsung dipesan, dari pada keabisan. Jadi penerbangan yang kita pilih model bgini :

25 Agustus 2013, Jakarta --> Phuket
26 Agustus 2013, Phuket  --> Bangkok
28 Agustus 2013, Bangkok --> Phuket
30 Agustus 2013, Phuket  --> Jakarta

Iyaa i know harusnya cari tiket Jakarta - Phuket -Bangkok - Jakarta atau Jakarta - Bangkok - Phuket - Jakarta. Tapi ya sudahlah yang penting dapet tiket ke Thailand, horeee!! Nah tapi saat itu kita baru beli 3 jadwal penerbangan, kurang yang Bangkok - Phuket karena saat itu saya rasa kemahalan. Tenang promo AA sepanjang tahun koq, tunggu aja promo berikutnya *kedip*.

Nah promo berikutnya saya check ternyata tiket Bangkok - Phuket promo lumayan murah di jam yang saya mau juga, akhirnya kita booking hari itu juga dan done tiket untuk 4 orang dapat semua. Alhamdulillah. Dan total semua untuk tiket ke Bangkok dan Phuket gak sampe 2 juta/orang

Oh iya berhubung AA bisa bebas pilih bagasi, so kita pun baru beli bagasi seminggu sebelum berangkat, itu pun hanya Bangkok - Phuket dan Phuket - Jakarta. Sisanya saya pasrahkan sama cabin ajah hehe.

Tips : Kalo dari Jakarta mending ambil tiket Jakarta - Bangkok - Phuket - Jakarta, karena dari pengalaman berburu tiket, tiket pulang ke Jakarta lebih murah jauh kalo melalui Phuket. Dalam menentukan hari pastikan di Bangkok hari Sabtu/Minggu, karena ada Chatuchak Market, pasar tradisional yang super besar dan murah *katanya*.

2. Passport
Persiapan berikutnya, passport. Karena saya dan ke-3 teman saya sudah punya semua jadi aman lah ya. Saya sudah buat waktu mau ke Singapore, bisa di baca disini pembuatan passport

3. Penginapan
Disini karena kita ber-4 cewek semua, dan hanya butuh tempat untuk tidur, mandi, yang nyaman, aman, bersih, AC, dan wifi tapi murah akhirnya milih menginap di dorm atau hostel. Iyaa kan seharian kita mau ngiterin Bangkok dan Phuket. Hostel kita memilih pesan dulu melalui online, karena lebih tenang aja kalo sudah ada yang dituju di sana. Pesannya juga mendadak koq, sekitar 1-2 bulan sebelumnya, bahkan ada juga yang seminggu sebelum, Alhamdulillah masih kebagian *jangan ditiru ya*.

Pemilihan hostel, sesuai tujuan kita, kita pun menginap di 3 Hostel yang berbeda. Yang pertama di dekat Khaosan Road karena kita mau ke Grand Palace dkk, kemudian dekat Pratunam karena kita mau shopping, dan terakhir di dekat Patong Beach karena di Phuket paling enak ya menginap di dekat Patong Beach.

Tips : Cari hostel/hotel liat ratingnya di TripAdvisor, untuk pemesanan bisa melalui Agoda (paling banyak pilihannya tapi harus bayar lunas), HostelWorld (pilihan hostelnya cukup banyak dan hanya perlu DP 10% plus service 2%), booking.com (ada beberapa hotel/hostel yang bebas biaya booking, alias bayar di tempat, dan harga yang tertera sudah total yang dibayarkan), dan masih banyak lagi situs lainnya.

4. Destinasi Wisata

Buku sakti..hehe
Photo by : Febie

Kita gak buat itenerary detail sih mesti kemana dan berapa jam, yang kita tau kita punya 3 hari di Bangkok dan 2 hari di Phuket. So dari hasil googling dan baca-baca di buku-buku beginilah kira-kira rencana kita disana :
  • Hari ke-1 biasanya mengelilingi Grand Palace dan Wat-Wat disekitarnya.
  • Hari ke-2 Madam Tussauds dan shopping di MBK
  • Hari ke-3 Shopping lagi, trus sorenya ke bandara flight ke phuket
  • Hari ke-4 Paket Phiphi or Pha Nga Bay (James Bond Island)
  • Hari ke-5 Jalan-jalan ke Phuket Town, sorenya flight ke Jakarta
Yaa namanya juga rencana, suka berubah tiba-tiba, namanya ala backpacker, mau kemana aja sesuka kita deh. Hehe

Tips : Beli tiket Madam Tussauds online aja, cos dapet diskon 50% earlybird. Ingat ke Grand Palace pakai baju tertutup dan sopan, kalo yang tanpa lengan dan mini-mini pasti disuruh sewa pakaian lagi.

5. Transportasi
Naah yang gak kalah penting dan harus dicari tau dengan baik adalah transportasi, cari yang sesuai kebutuhan, murah, cepat, dan aman. Di bangkok sih sudah ada MRT dan BTS, ada juga railway alias kereta api, taxi, tuk-tuk, perahu, bahkan Ojek. Tinggal pilih mana yang sesuai keadaan, dan budget. Cari tau juga dari bandara ke penginapan enaknya naik apa yang murah dan cepat, secara Bangkok macetnya mirip-mirip Jakarta (jauh lebih parah Jakarta sih).

6. Makanan Halal
Buat yang muslim wajib cari tau info makanan halal di Thailand, secara makanan dengan babi bertebaran dimana-mana. Banyak koq infonya di Internet, beberapa gagal saya temukan, tapi banyak juga yang berhasil ketemu.Hehe

7. Info scam
Banyak banget info scam/penipuan di Bangkok, tinggal googling, baca, dan hapalkan kalo bisa. Antara lain lady bird, yaitu penjual makanan burung yang maksa kita beli makanan burungnya, kalo ketemu cepet-cepet pergi. Selain itu juga orang-orang yang bilang Grand Palace sedang tutup karena alasan hari besar, istirahat makan siang, or else, kemudian mengarahkan kita ke tempat lain, bilang aja sorry dan thanks kemudian pergi. Ingat ciri-cirinya orang lokal yang bisa bahasa Inggris, orang lokal biasanya jarang yang bisa English kecuali dilatih untuk tujuan tertentu. Dan masih banyak modus-modus penipuan lainnya.

8. Money Exchange

Thailand Bath
Photo By : Febie

Saya kurang beruntung sepertinya masalah tukar-menukar uang ini. Efek tukar duit 2 hari sebelum flight, pas banget rupiah lagi melemah dan dollar lagi mahal. Tentu saja berimbas ke harga tukar ke Bath. Tapi mau gak mau akhirnya tetep tukar juga di Money Changer Peniti Valas dengan rate terbaik yang bisa saya temukan untuk bath yaitu 365, dan dollar 11.300. Dollar saya tukar untuk jaga-jaga aja, alias dana darurat.

Tips : Jangan tukar rupiah ke bath di Thailand, karena rupiah rendah nilainya disana. Kalo punya rencana ke luar negeri dari jauh-jauh hari seperti saya, lebih baik mulai memantau harga dollar dan uang tabungan dipakai membeli dollar saat harganya turun, karena dollar bisa ditukar dimana aja tanpa takut nilainya turun.

9. Bahasa
Tunggu sampe jago English atau perlu kursus bahasa Thailand untuk ke sana? Gak perlu koq, bahkan dengan English saya yang amburadul juga bisa koq menjelajah Thailand. Selama di Thailand saya lebih banyak berkomunikasi dengan penduduk lokal dengan English dasar dan bahasa tubuh, sama koq dengan orang Indonesia mereka juga lebih biasa dengan bahasa negara sendiri.

Bahasa Thailand yang saya bisa aja cuma Sawasdee Kaa (dibaca : sawatdi kha) artinya hello/hai/selamat datang, dan Khapun Kaa (dibaca : khaphun kha) artinya makasih. English dasar yang saya maksud adalah misal tanya harga, langsung aja sebut how much sambil tunjuk barangnya, gak usah pake grammer, atau bahkan SPO (subjek predikat objek) dijamin bengong penjualnya. hihi.

Berikut kira-kira total preparation saya (alias per orang), dengan pembulatan sesuka saya :

Okay sekian yang bisa saya share tentang persiapan saya ke Bangkok dan Phuket, semoga berguna. Lengkapnya akan saya tulis di postingan saya berikutnya. Happy Traveling.^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...