7.26.2013

Berjuang Melawan Perubahan Kondisi Kulit Wajah | Part 1


Disclaimer : Semua produk yang saya sebutkan disini bukan sponsor dan bukan iklan. Hasilnya di wajah saya ditulis jujur apa adanya, tidak ditambah-tambahi atau dibuat-buat. Dan apa yang cocok untuk saya belum tentu cocok untuk kulitmu, cara paling akurat untuk mengetahui apakah cocok juga di kulitmu adalah dengan mencobanya sendiri.^^

Sudah lama ya gak posting, rasanya udah berbulan-bulan gitu *halah lebay*. Nah sebelumnya mau warning, ini adalah posting panjang penuh curhat yang mungkin kalo gak mengalami hal yang sama akan menjadi postingan yang membosankan. Karenanya akan saya buat menjadi 2 part, biar kayaknya gak panjang, padahal sih panjang banget. Haha. Skip aja kalo yang keburu males baca, gapapa koq saya gak marah *siap-siap bawa golok hahaha*.

Jadi kulit saya mengalami hal yang ajaib akhir-akhir ini. Knapa ajaib? Dari muka yang bukan acne prone, aman sentosa, tiba-tiba jerawatan, trus dalam beberapa minggu berubah kering dan perih. Iya sebelumnya gak pernah begini, biasanya kulit saya sangat baik hati bahkan bisa disebut badak ^_^; tapi ntah akhir-akhir ini jadi aneh. Berawal dari sebelum masuk bulan puasa, ntah saya salah pake apa muka saya jadi jerawatan, jerawat datang silih berganti. Satu sembuh, muncul satu yang baru, sembuh lagi, muncul lagi yang baru. Dan meninggalkan jejak-jejak bekas jerawat dengan tidak sopannya di muka, bisa dilihat salah satu jerawat yang ikutan nongol di postingan saya Fresh Cherry Tint.

Salah satunya yang saya salahin sih face wash yang mengandung AHA & BHA yang lagi dipake, karena itu doang yang ganti, yang lainnya selalu saya pake tiap hari. Selain itu bisa juga karena hormon, faktor lingkungan, faktor kurang bersih saat bersihin muka, atau pola hidup saya yang kurang baik, sebut saja makan tidur makan tidur, hahaha. Atau mungkin faktor saya males mandi, hehe jangan ditimpuk please.

Saat kondisi lagi jerawatan gitu tentu saya pakai obat jerawat yang salah satu tugasnya mengeringkan jerawat, saya oles di bagian jidat, iya yang paling rame di bagian jidat jerawatnya, juga bagian upper dan under lip pas jerawatnya aja. Lalu cuci muka juga pake sabun wajah yang cukup kuat membersihkan wajah yang sedang bermasalah begini, yaitu Pond's Pure White. Dan akhirnya setelah beberapa hari si jerawat udah gak nongol lagi yang baru, artinya tinggal maintain yang ada sekarang dan menghilangkan bekasnya. Horeee!!


Yang saya gunakan saat kulit berjerawat

Lalu apakah masalah selesai? Gak loh, pada suatu hari saya iseng beralih pembersih wajah ke yang baru saya coba yang katanya bisa membantu mengurangi bekas jerawat, baru saya pake selama 2 hari, dan munculah lagi 2 buah jerawat di jidat, plus kali ini dengan beruntusan sejidat yang klo jidat diraba rasanya jadi kasar dan kulit bergelombang >_<. Lalu saya balik lagi pake facial foam saat saya berjerawat itu, dan disinilah nightmare terjadi.

Setelah sekitar 2 hari kemudian, kulit wajah saya terasa perih dan panas yang mengganggu, terutama di daerah jidat, pipi dekat mata, pinggiran hidung, pinggiran bibir, dan dagu. Menurut saya itu sinyal SOS dari kulit saya yang artinya lagi kering dan sensitif. Langsung aja saya templokin Cucumber Mask The Skin Food yang biasanya ampuh ngatasin kulit saya yang kering, tapi kali ini malah makin bikin kulit saya perih dan panas nyut-nyut. T_T



Okay saya bilas, dan pakai pelembab yang sudah setahunan saya pakai Innisfree White Tone Up Skin dan Emultion, masih sama gak ngefek menghilangkan panas dan perihnya, kurang rich pelembab sepertinya. Kemudian malemnya ketika panas dan perihnya mereda dengan sendirinya, saya beranikan tempel mask sheet ke wajah, dan yaah alhamdulillah adeeem menenangkan kulit yang lagi ngambek ini.


Pelembab harian saya,
udah pake selama setahun dan no problem

Besok siang setelah mandi, kulit mulai perih lagi, masih oles pelembab yang sama dan gak membantu menghidrasi kulit saya, begitu juga di malam hari. Akhirnya besoknya lagi saat siang saya coba pake Innisfree Wine Peeling *iyaa saya belum tau klo kulit lagi sensitif harus hati-hati dengan peeling*, selesai peeling saya lanjut pakai instant moisturizer mask, dan setelahnya kulit saya balik panes perih nyut-nyut T_T. Langsung siang-siang saya templokin mask sheet, dan yaah lumayan mask sheet selalu berhasil menenangkan kulit wajah saya yang ngambek.



Plus aku juga minta saran Mizha *thank you so much ya*, dan semua sarannya kuikutin, pake masker timun yang diparut sendiri untuk meredakan perihnya, makan sayur, buah, perbanyak makan olahan kedelai untuk asupan Vit B, jangan pakai pelembab atau lain-lain yang mengandung bahan-bahan yang sering bikin kulit sensitif mudah iritasi.

Okay saya pun memutuskan putus hubungan dengan Pond's item, dan balik lagi ke sisa Innisfree Green Tea Cleansing Water aja untuk membersihkan wajah, kemudian bilas air biasa sampai wajah gak terasa lengket oleh sisa-sisa cleansing water. Pakai Etude House Skin Malgeum Moisturise sebagai toner, dan Etude House Moistfull Collagen Cream sebagai pelembab pagi dan malam. Syukurnya Skin Malgeum walau sepertinya ada kandungan alkohol tapi gak bikin kulit perih sama sekali :*. Dan itu berlangsung selama 2 hari, syukurlah sukses kulit gak terasa panas dan kering yang mengganggu lagi.


  

Mask sheet yang kupake waktu kulit terasa perih dan panas

Udah curhatnya? Belooom, haha. Lanjut yaa ke part 2. See you on the next story.

Next :  Berjuang Melawan Perubahan Kondisi Kulit Wajah | Part 2

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...