10.03.2012

Resep : Cumi Tumis Hitam Pedas

Wuaah udah lama banget gak posting masak-masak, jarang coba-coba resep baru sie. Tapi weekend kmaren gak tau knapa udah dari hari jum'at itu ngeces seharian ngebayangin cumi tumis hitam pedas, dengan kuah hitam kental dari tinta cuminya itu.

Nah sebelum kamar saya banjir oleh ngecesan saya (okay tolong jangan dibayangkan), lebih baik langsung eksekusi aja ya. Sabtu pagi ke pasar beli cumi stengah kilo Rp 18.000, dapet 2 ekor cumi panjang dan gendut, dengan tinta melimpah (begitu kata pedagangnya). Dan sampai kostan langsung dibersihkan.


Bahan-bahan :


Cara Membuatnya :
  • Bersihkan cumi-cumi, potong sesuai selera, pisahkan tinta dan dagingnya. Beri perasan jeruk nipis pada daging cumi-cumi yang sudah bersih.
Tinta cumi-cumi
Daging cumi-cumi
  • Haluskan bawang putih dan kunyit, dan siapkan bumbu-bumbu yang lainnya. Cabai bisa ditambahkan klo yang perutnya tebel.hehe
(left to right) bawang putih+kunyit, jahe+laos+sereh geprek, bawang merah+cabe
  • Tumis bawang putih dan kunyit yang telah dihaluskan sampai berubah warna, masukkan bawang merah, tumis hingga wangi.
  • Masukkan tinta cumi, tumis sambil ditekan hingga tintanya keluar dan bumbu tadi jadi menghitam semua, segera masukkan cabai, laos, jahe, dan sereh.
  • Tumis sebentar tambahkan air agak banyak, dan aduk-aduk hingga semua bumbu tercampur dan air berubah hitam karena tinta
with flash n without flash
  • bumbui dengan garam, gula, saos tiram, dan kecap sesuai selera
  • setelah mendidih masukkan cumi, masak cukup lama hingga cumi empuk dan air berkurang/agak kental
  • sajikan hangat *ngeces*

jang jang jadi deh

Jangan liat bentukannya yang hitam dan absurd itu, karena rasanya enyaaaak!!! Gak amis (menurut saya, karena saya emang doyan seafood), pedes, gurih, dan manis (makasi ^_^;). Paling enak dimakan pake nasi anget-anget. Wuaaah langsung lupa diet saya, dan nambah.hehe.

Emaaaaak!!! >_< *lap iler*
 

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...