5.01.2012

Part 2 Proses Pembuatan Paspor Online di Kanim Jakarta Barat

Setelah mendaftar online di Part 1 Proses Pembuatan Paspor Online di Kanim Jakarta Barat, tahap selanjutnya adalah datang langsung ke Kantor Imigrasi (Kanim). Yap walaupun namanya pendaftaran paspor online, saya tetep harus datang ke Kanim Jakarta Barat sesuai tempat dan tanggal yang saya pilih waktu pendaftaran online untuk verifikasi, bayar, foto, dan wawancara. Ini proses teribet menurut saya, tapi worth lah sama bayarnya, lebih murce dari pada pake calo.

Sebelum ke Kanim ada persiapan apa-apa aja yang perlu di bawa :
  1. Hasil print tanda bukti pendaftaran online yang saya dapat waktu pendaftaran online
  2. Fotocopy KTP di kertas A4 dan aslinya. Copy KTPnya tetep ukuran asli, tapi dikertas A4 gak usah dipotong kecil seukuran KTP.
  3. Fotocopy KK dan aslinya
  4. Fotocopy Akte Kelahiran dan aslinya (klo yang asli hilang harus menyertakan ijasah dan surat kehilangan dari kepolisian)
  5. Surat rekomendasi dari kantor (untuk yang sudah bekerja). Atau fotocopy Ijasah terakhir dan aslinya (untuk yang belum bekerja)
  6. Uang tunai 300.000
  7. Pulpen tinta hitam, penting ini buat tulis-tulis di form.


Setelah semua siap, di hari yang sudah saya pilih pergilah saya ke Kanim Jakarta Barat yang lokasinya di daerah Kota Tua, kira-kira di belakang Stasiun Kota (atau klo gak nemu tanya aja ama orang-orang disana, rata-rata pada tau koq). Pagi-pagi ke sana, dan usahakan sebelum jam 8 sampe sana. Tapi berhubung pagi itu hujan deras, walhasil bikin jalanan makin padet (dibaca: macet), akhirnya nyampe sana jam 8 lewat. Untung belum terlalu rame.

Beginilah proses yang saya lakukan di sana :
  • Beli Map dan Sampul Paspor di deket kantin. Harga Rp 7000,-
  • Ambil Formulir Permohonan Pembuatan Paspor di Customer Service. Ini gratis, free, gak berbayar, cuma-cuma (hehe). Isi dengan lengkap dan cepat.
  • Ambil no antrian SPRI Online. Duduk di sebelah kanan ruangan untuk menunggu no antrian kita dipanggil. Saya dapet no antrian ke-3. Sambil menunggu, masukkan formulir, semua fotocopy-an, dan print-an bukti pendaftaran online ke dalam map. Dan siapkan dokumen asli juga.
  • Setelah dipanggil, segera ke loket 1 (loket yang khusus mengurusi bagian pendaftaran online). Serahkan map yang sudah berisi lengkap. Dan serahkan dokumen asli saat diminta.
  • Kemudian duduk lagi menunggu nama kita dipanggil di loket 5 (saya menunggu kurang lebih selama 1 jam). Setelah dipanggil, dapat no antrian untuk pembayaran (saya dapat no 21A). 
  • Duduk lagi menunggu di bagian loket kasir (saya menunggu kurang lebih selama 30 menit). Setelah no dipanggil, segera ke loket kasir. Membayar untuk biaya paspor 48hal total jadinya Rp. 255.000. Dapat bukti pembayaran dan no antrian untuk foto&wawancara (saya dapat no 002).
  • Langsung ke bagian foto di gedung TKI di depan. Saya bukan mw jadi TKI loh, tapi ternyata untuk yang daftar sendiri tanpa calo or biro travel memang foto&wawancara di sana. (huh!!)
  • Duduk lagi menunggu sampai dipersilahkan untuk foto. Setelah dipanggil tunjukkan bukti pembayaran kemudian foto dan scan sidik jari.
  • Duduk lagi menunggu no antrian wawancara di panggil. Kemudian wawancara dan tanda tangan di buku paspor. Di bukti pembayaran diberi tanda kalo saya sudah wawancara yang nantinya harus dibawa untuk pengambilan paspor.

Selesai deh. Saya datang jam 8 lewat dan proses selesai jam 11 lewat. Not bad laah. Tapi temen saya yang KK dan KTP nya sempat ulang scan jadi lebih lama prosesnya. Sempat terpotong jeda istirahat jam 12.00-13.00, dan dia selesai jam 14.30 an. 

Waktu wawancara saya ditanya nama lengkap, tanggal lahir, tempat lahir, religion, nama orang tua, tempat kuliah, dll. Menurut saya pertanyaannya menyesuaikan dengan informasi di dokumen, so jujur aja klo emang gak ada niatan aneh-aneh. Langsung disetujuin koq ^_^. 

Total Pembayaran :













Tapi paspor belum di tangan, saya harus datang 4 hari lagi (hari libur gak dihitung) untuk ambil paspor yang sudah jadi. Next kalo sudah jadi akan saya lanjutkan cerita ini di Proses Pembuatan Paspor Online di Kanim Jakarta Barat Part III.

Ini adalah foto informasi yang tertempel di dinding Kanim.



LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...